keunikan sejarah nasi goreng

Siapa yah yang tidak kenal dengan makanan nasi goreng ?, kebanyakan masyarakat sudah tahu tentang nasi goreng karena mudah di cari bahkan mudah juga membuatnya sendiri.kali ini sejarahunik .net  akan bahas tentang nasi goreng. Ternyata nasi goreng tidak hanya terkenal di indonesia saja tetapi juga di luar negeri yang mempunyai banyak variasi nya. Bahan dan bumbu nya juga relative sederhana, jika anda ingin menyantap makanan ini dengan lebih nikmat harus menyiapkan bumbu yang lebih bervariasi juga macamnya. Bagi kalian yang anak kost atau anak kuliah, ini merupakan makanan yang paling murah dan bikin perut kenyang.  Sekarang bahan lebih mudah di dapat apalagi ada bumbu yang sudah jadi tinggal goreng dan makan. Baik kita lanjut ke sejarah nasi goreng !!

Nasi goreng ini sudah ada ribuan tahun silam, menurut catatan sejarah sudah ada tahun 4000 Sebelum Masehi. nasigoreng merupakan komponen penting dari masakan tradisional tionghoa. Karena masyarakat tionghoa hobinya merantau jadi banyak yang tinggal berbagai di belahan dunia. Setelah merantau dan menetap di suatu tempat, mereka membuat nasi goreng dengan rasa dan variasi bumbu khas lokal daerah tersebut. Dengan bumbu yang ada di daerah tersebut itu menciptakan nasi goreng lokal miliknya. Pastinya nasi goreng dengan variasi ini lah yang membuat bumbu asli masyarakat tiinghoa lahir kembali.

Ternyata tidak hanya itu masyarakat tionghoa mengapa menciptakan makanan nasi goreng. Karena masyarakat  tionghoa tidak suka mencicipi makanan yang dingin dan membuang sisa makanan sebelum beberapa hari, untuk dapat menghidangkan kembeli di meja makan, maka dari itulah mereka mencoba memasak nasi yang dingin tersebut dengan tambahan bumbu.  Alhasil masakan tersebut banyak di disukai oleh masyarakat setempat, tersebarlah dari mulu ke mulut karena mengolah nasi yang sudah dingin dengan menggoreng itu lebih baik dari pada dibuang. Kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Ini merupakan penghematan pengeluaran uang maupun beras. saat ini nasi goreng sering digambarkan sebagai sentuhan hidangan asal Indonesia. Padahal nasi itu sendiri sebenarnya merupakan makanan pokok dari masyarakat Cina. Sayangnya sampai saat ini masih tidak jelas sejak kapan Indonesia mulai mengadopsi nasi goreng Cina ini dan membuatnya dengan versi mereka sendiri. Memang banyak masyarakat cina yang tersebar di berbagai negara, bahkan banyak juga masyarakat cina yang tinggal di indonesia terutama tinggal di pulau jawa. Jadi tidak menutup kemungkinan jika nasi goreng banyak sekali variasi nya. Tidak hanya makanan nasi goreng lain waktu kita akan bahas asal usul makanan yang di bawa cina ke indonesia.

Mungkin sekian dulu cerita sejarah dari sejarahunik .net jika ada salah kata mohon dimaafkan dan semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *