Sejarah Batik Indonesia

Sejarahunik.Net kembali lagi ketemu dengan postingan baru hari ini yang membahas tentang batik indonesia. Batik ini merupakan salah satu kebanggaan bangsa indonesia. Batik merupakan kain bergambar dan peroses pembuatannya secara khusus yang di gambar atau menerakan motif ke suatu kain yang masih kosong, dan kemudian melaui proses khusu sehingga mempunyai ciri khas pada kain tersebut. pengertian batik merupakan suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian-bagian tertentu dengan menggunakan perintang. Zat perintang yang sering digunakan ialah lilin atau malam.kain yang sudah digambar dengan menggunakan malam kemudian diberi warna dengan cara pencelupan.setelah itu malam dihilangkan dengan cara merebus kain. Akhirnya dihasilkan sehelai kain yang disebut batik berupa beragam motif yang mempunyai sifat-sifat khusus. Batik Indonesia,  keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Sampai UNESCO saja memberi paten kepada Batik, bahwa asalnya dari indonesia.

Kita perlu tahu bagaimana sejarah batik indonesia. Sebelum masyarakat indonesia membuat batik, beberapa penemu di mesir menemukan pola pembungkus mumi menggunakan pola batik. Di beberapa negara juga sudah pernah menerapkan teknik yang dengan membuat batik seperti tiongkok di masa dinasti T’ang, india dan jepang di masa periode nara, suku yoruba di negeria, suku soninke dan wolof di senegal. Sejarah batik di indonesia ini sangat kental kaitannya dengan kerajaan majapahit dan penyebaran islam di jawa. Lalu G.P. Rouffaer berpendapat bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-XII di Kediri, Jawa Timur. Dia mengambil kesimpulan bahwa pola ini hanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat canting, sehingga ia menemukan canting ditemukan di Jawa pada waktu tentang hal itu. Ukiran rinci yang menyerupai pola kain batik yang dikenakan oleh Prajnaparamita, patung dewi Buddha kebijaksanaan dari abad ke-13 Jawa Timur.

batik indonesia

Batik berkembang saat kerajaan majapahit

Majapahit merupakan salah satu kerajaan yang ada di nusantara, batik saat itu berkembang sejak jaman kerajaan majapahit. karena pusat dari kerajaan majapahit ini terletak di mojokerto jadi di kota ini lah batik dikenal lebih dulu. Pada waktu peperangan kerajaan majapahit melawan kekuasaan adipati kalang di daerah tulung agung. Dalam pertempuran tersebut kerajaan pajapahit menang dan berhasil menguasai daerah tersebut. Kemudian banyaknya tentara majapahit yang tinggal di wilayah tulung agung, mereka akhirnya jadi pengembang batik di tempat tersebut. Akan tetapi batik mojokerto dan tulung agung banyak dipengaruhi oleh batik jogja. karena pada waktu clash tentara kolonial Belanda dengan pasukan Pangeran Diponegoro, sebagian dari pasukan Kyai Mojo mengundurkan diri ke arah timur di daerah Majan. Oleh karena itu, ciri khas batik Kalangbret dari Mojokerto hampir sama dengan batik Yogyakarta,

Batik yang berkembang disaat penyebaran agama islam

Seni batik sering disebutkan yang mempunyai hubungan dengan perkembangan agama islam. daerah Batoro Katong, ada seorang keturunan dari kerajaan Majapahit yang namanya Raden Katong adik dari Raden Patah. Batoro Katong inilah yang membawa agama Islam ke Ponorogo. Dalam perkembangan Islam di Ponorogo terdapat sebuah pesantren yang berada di daerah Tegalsari yang diasuh Kyai Hasan Basri. Kyai Hasan Basri adalah menantu raja Kraton Solo. Batik yang kala itu masih terbatas dalam lingkungan kraton akhirnya membawa batik keluar dari kraton dan berkembang di Ponorogo. Pesantren Tegalsari mendidik anak didiknya untuk menguasai bidang-bidang kepamongan dan agama. Pembuatan batik cap di Ponorogo baru dikenal setelah perang dunia pertama yang dibawa oleh seorang Cina bernama Kwee Seng dari Banyumas. Daerah Ponorogo awal abad ke-20 terkenal batiknya dalam pewarnaan nila yang tidak luntur dan itulah sebabnya pengusaha-pengusaha batik dari Banyumas dan Solo banyak memberikan pekerjaan kepada pengusaha-pengusaha batik di Ponorogo. Akibat dikenalnya batik cap maka produksi Ponorogo setelah perang dunia petama sampai pecahnya perang dunia kedua terkenal dengan batik kasarnya yaitu batik cap mori biru. Pasaran batik cap kasar Ponorogo kemudian terkenal seluruh Indonesia.

Kesimpulannya sebenarnya batik ini sudah ada sejak jaman dahulu tetapi setiap daerah dan negara mempunyai masyarakat yang bisa membuat batik dengan motif sendiri. Jadi nenek moyang kita tidak hanya indonesia saja yang bisa membuat batik, akan tetapi keindahan motif indonesia lebih unggul dan memiliki nilai seni yang tinggi. Inilah yang membuat batik terkenal di indonesia dan membuat paten batik indonesia karena keindahan motif nya saat dipakai menjadi pakaian.

Mungkin sekian dulu dari kami sejarahunik. Net mohon maaf jika ada salah penulisan. Kami hanya bermaksud untuk berbagi dan semoga bermanfaat

One thought on “Sejarah Batik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *