Sejarah Pos Indonesia

sahabat sejarahunik. net kita ketemu lagi dalam postingan ini. sekarang kita bahas masalah kantor pos, karena kantor pos ini merupakan perusahaan milik negara yaitu BUMN. pos indonesia berdiri sejak tahun 1746 yang semua saham nya dimiliki oleh pemerintah indonesia. sekarang mari lanjut bagaimana sejarah adanya kantor pos indonesia !

saat indonesia masih di jajah oleh belanda pada tahun 1602 yang pemerintahannya dikuasai oleh VOC di bumi nusantara, pada saat itu untuk mengirim surat dan paket pos hanya diletakkan di Stadsherbrg atau Gedung Penginapan Kota ini membuat orang yang menerima surat atau paket harus mendatangi dan mengecek tempat tersebut. untuk meningkatkan keamanan dan keefektifan agar barang sampai pada tujuan, gubernur jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 mendirikan kantor pos pertama di Indonesia yang terletak di Batavia (Jakarta). itu tidak hanya menguntungkan penduduk indonesia saja tetapi juga menguntungkan bagi penduduk yang datang dan pergi dari negeri belanda.
saat kepemimpinan Herman Willem Daendels yang pada tahun 1808 diangkat menjadi gubernur jendral di wilayah Indonesia, membuat kemajuan dalam pelayanan pos di indonesia. meski pada masa pemerintah daendels ini merupakan salah satu masa yang sulit yang harus dijalani rakyat indonesia. seperti kerja paksa dalam embangunan jalan yang menghubungkan antara pulau jawa bagian barat hingga bagian timur. Adalah pembangunan jalan Anyer-Panarukan yang membentang hingga sejauh lebih kurang 1000 km. pada saat inimenjadi saksi bisu bagaimana sakit dan rintihan pekerja pribumi yang mati dalam pembuatan jalan tersebut. tetapi jalan ini membuat suatu kemajuan dalam pos indonesia adanya jalan ini membuat perjalanan antara Provinsi Jawa Barat sampai Provinsi Jawa Timur yang awalnya bisa memakan waktu puluhan hari sekarang bisa ditempuh hanya dengan jangka waktu kurang dari seminggu.

logo-pos-indonesia-1

Pada tahun 1906, pos di Indonesia pun akhirnya berubah menjadi Posts Telegraafend Telefoon Dienst atau (PTT). ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi telepon dan telegraf yang efeknya mengubah sistem pelanyanan pos indonesia. lalu pusat layanang pos berpindah dari gambir, jakarta pindah ke dinas pekerjaan umuum di bandung tahun 1923. saat penjajahan jepang, PTT (pos indonesia) diambil oleh militer jepang. pada tanggal 27 september 1945 Jawatan PTT Republik Indonesia ditandai Pengambilalihan Kantor Pusat PTT di Bandung oleh Angkatan Muda PTT dari pemerintahan Militer Jepang. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bakti Postel. Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik.

sistem pada pos indonesia sudah melalui banyak perubahan. badan usaha pos indonesia mengalami perubahan dari tahun ke tahun, Pada tahun 1961, Pos Indonesia resmi mejadi perusahaan negara berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 240 Tahun 1961. perubahan tersebut merubah jawatan PTT menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi atau disebut juga PN Postel. tidak berhenti dari itu saja pos indonesia lanjutnya masih maengalmi perubahan sampai Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel) mengalami pemecahan menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro) dan “Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi). pemecahan ini ada tujuannya tidak asal memecah perusahaan, untuk mencapai perkembangan dan memperluas perusahaan milik BUMN. Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero). tujuannya untuk memberikan fleksibilitas dan kedinamisan untuk PT. Pos Indonesia (Persero) sehingga bisa lebih baik dalam melayani masyarakat dan menghadapi perkembangan dunia bisnis yang semakin ketat persaingannya. banyak sekali perubahan perjalanan pos indonesia, Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir tetapi juga jasa keuangan. kita terbantu dengan adanya jasa pengiriman dan jasa yang disediakan pos indonesia saat ini. mungkin dari ini kita bisa mengambil hikmahnya disaat negara kita sedang di jajah.

sekian dulu dari kami sejarahunik.net mohon maaf jika ada salah kata dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *