Sejarah berdirinya dan terkenalnya facebook di dunia

Diposting pada

sejarahunik.net – Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia saat ini, yang didirikan pada tahun 2004 dan berkantor pusat di Menlo Park, California – Amerika Serikat. Yang menarik adalah sejarah berdirinya Facebook oleh Mark Zuckerberg, karena tidak terfikirkan olehnya, sekarang Facebook bisa jadi sebesar ini.

Pada tahun 2012 saja, tercatat situs jejaring sosial ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 miliar pengguna yang aktif. Lebih dari separuh pengguna itu merupakan masyarakat yang menggunakan telpon genggam, baik itu smartphone ataupun ponsel regular.

Sejarah Berdirinya Facebook
Facebook sendiri didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, serta Chris Hughesteman. Mereka semua adalah teman satu kamar dan semuanya terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Harvard. Pada awalnya Facebook hanya diperuntukan bagi mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas untuk perguruan lain yang ada di Boston seperti Ivy League, dan Universitas Stanford.

Secara perlahan namun pasti, akhirnya situs jejaring sosial yang didirikan Mark ini, semakin meluas penggunaannya ke universitas lain. Setelah itu sekolah menengah atas juga bisa ikut menggunakan situs tersebut, dan akhirnya semua orang yang berusia lebih dari 13 tahun juga dapat memiliki akun Facebook.

Sejarah berdirinya Facebook tidak lepas dari asal nama situs jejaring sosial ini, yang diambil dari sebuah buku pemberian pihak administrasi universitas, pada tahun akademik pertama. Pemberian buku itu ditujukan, agar sesama mahasiswa dapat mengenal satu dengan yang lainnya.

Pada Tahun 2003

Tepat 23 Oktober 2003, adalah sebuah titik awal bagi seorang mahasiswa psikologi dari Harvard University (saat itu mahasiswa semester II Harvard University), Mark Zuckerberg untuk menjelajari dunia jaringan sosial dimana ia mulai bereksperimen dengan menciptakan Facemash.com. Facemash adalah situs yang memperolehkan pengunjungnya (mayoritas mahasiswa Harvard) untuk membandingkan-bandingkan gambar mahasiswa yang lebih “hot” (cantik). FaceMash menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi.

Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1

Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.

Pada Tahun 2004

Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:thefacebook .com.. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2

Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.

Sesudah Zuckerberg menyelesaikan situs tersebut, diketahui bahwa hanya dalam waktu 24 jam, 1.200 (seribu dua ratus) mahasiswa Harvard telah mendaftarkan diri mereka di situs tersebut dan jumlah itu setara dengan setengah jumlah seluruhnya mahasiswa tingkat akhir. 6 hari sesudah peluncuran tersebut, dikatakan bahwa ternyata Mark juga sedang dalam pengembangan situs lain yang disebut HarvardConnection.com untuk Cameron Winklevoss, Tyler Winkelvoss dan Divya Narendra yang pada akhirnya mereka menuntut Mark dengan tuntutan bahwa ia telah mencuri ide mereka, yakni Facebok. Mark dan pihak-pihak ini akhirnya menyelesaikan masalah ini dengan solusi yang dirahasiakan.

Tidak lama sesudah peluncurannya, Sean Parker (co-founder Napster) menemukan thefacebook .com di komputer pacarnya. Parker kemudian pergi ke New York untuk bertemu dengan Mark yang pada akhirnya Parker mulai menjadi penasihat thefacebook.com secara tidak formal. Pada Juni 2004, Facebook mendapat investasi pertamanya dari Peter Theil (founder PayPal) sebesar 500 ribu dolar sebagai ganti dari 10.2% saham thefacebook. Sean Parker juga diangkat sebagai presiden dari perusahaan yang baru berdiri tersebut. thefacebook.com terus dikembangkan ke luar kampus hingga akhirnya pada 30 Desember 2004, lebih dari 1 juta orang telah menjadi anggota thefacebook.com

Pada Tahun 2005-2009

Bulan Mei 2005, thefacebook .com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface .com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.

Di Agustus 2005, thefacebook.com mengubah nama menjadi facebook.com dengan harga $200.000. Pada tahun tersebut, Facebook.com mendapatkan berbagai investor dan mulai bekerjasama dengan Apple dan Microsoft. Pada akhir 2005, Facebook telah menyebar di US, UK, Australia, New Zealand Canada, Irlandia dan Mexico..

Tahun-tahun berikutnya merupakan tahun yang tidak begitu cerah bagi Facebook. Hal ini disebabkan Facebook mengalami kerugian sampai pada batas Facebook harus menjual sahamnya untuk membalikkan kembali aliran pendapatan ke arah positif. Tetapi meskipun begitu, Facebook ternyata tetap tumbuh berkembang, hingga pada 2009 Facebook mulai berhasil meningkatkan labanya kembali ke angka yang positif (Untung).

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft memberikan pengumuman bahwa mereka membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai sebesar $240 juta, sehingga memberikan nilai (harga) Facebook kala itu setara dengan $15 miliar. Pembelian ini meliputi hak Microsoft untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.

Pada Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.

Pada November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook kala itu mencapai $41 miliar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.

Pada bulan Maret 2011, facebook melaporkan bahwa mereka menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap harinya atas berbagai macam alasan, termasuk konten tidak pantas, spam dan pemakaian di bawah umur. Statistik pada DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook berhasil meraih satu triliun tampilan halaman (Tanyang Laman) pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya (Facebook) sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi. Namun perlu dicatat bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat yang dilakukan oleh DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis pada Desember 2011, di Amerika Serikat Facebook merupakan situs web kedua yang paling banyak diakses.

Pada Tahun 2010-2012: Film dan Akuisisi Instagram
Pada 2010, Facebook terus berkembang dan memunculkan berbagai macam teknologi hingga akhirnya dibuatlah film dokumentasi tentang Facebook dengan judul “The Social Network” oleh David Fischer, yang mengisahkan tentang asal mula Facebook dan kisah hidup dari pendirinya (Mark Zuckerberg). Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan yang bisa dikatakan baru beriri yaitu Glancee, yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.

Perkembangan Facebook terus terjadi, tahun berikutnya Facebook merilis aplikasi iPad, bekerja sama dengan Skype dan Heroku, mengubah interface dengan basis Timeline, mengubah halaman login dan profil. Hingga pada tahun 2012, Instagram dibeli oleh Facebook dengan harga 1 Miliar US Dolar dan mencapai 1 Miliar Pengguna. Tidak hanya itu saja, di tahun 2012, Mark Zuckerberg berhasil mendapatkan 22% kepemilikan Facebook.

Pada 17 Mei 2012 Facebook mengadakan penawaran umum perdana dengan harga awal saham $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai tersebut menjadikan Facebook sebagai perusahaan umum (publik) baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO (Initial Public Offering), Mark memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika. Saham Facebook mulai diperdagangkan pada 18 Mei 2012. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission menyelidiki proses pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.

Lalu di bulan Oktober 2014 Facebook juga telah berhasil mengakuisisi salah satu aplikasi chatting terbesar yakni, WhatsApp. Mereka membeli WhatsApp seharga $22 miliar dollar Amerika, dengan catatan Facebook tidak boleh sembarangan menggunakan data pengguna WA untuk beriklan. Keberhasilan situs jejaring sosial ini dalam mengakuisisi WhatsApp dan Instagram, menambah daftar kesuksesan pada sejarah berdirinya Facebook. Dan membuat nama Mark Zuckerberg, masuk dalam jajaran salah satu entrepreneur muda yang sukses.

Sejak saat itu Jam Koum selaku pendiri WhatsApp yang sekaligus menjabat sebagai pemimpin perusahaan, resmi bergabung dengan Facebook. Seperti Mark Zuckerberg, Jam Koum juga menerima gaji hanya $1 dollar, tapi akan menerima pembayaran saham sebesar $2 miliar dollar selama empat tahun.

sekian artikel sejarah dari kami, bila ada salah kata mohon di maafkan semoga bermanfaat dan menambah ilmu kalian salam dari sejarahunik.net

One thought on “Sejarah berdirinya dan terkenalnya facebook di dunia

  1. Hi there, i read your blog from time to time and i own a similar one and i
    was just curious if you get a lot of spam responses?
    If so how do you prevent it, any plugin or anything you can advise?
    I get so much lately it’s driving me insane so any assistance is very much appreciated.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *