14 Wisata di Surabaya Yang Harus Dikunjungi

Sejarah Unik – Sebagai kota terbesar Yang kedua di Indonesia, Surabaya memiliki Banyak tempat tamasya yang menarik untuk dikunjungi. Kota Surabaya sesuai untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, maupun sendirian bagi para jomblo ngenes supaya tak gelisah. Jadi, selagi berada di Surabaya, Anda mesti berkunjung ke 14 tempat tamasya di Surabaya berikut ini:

1. Taman Bungkul

Penat dengan hiruk pikuk kantor dan perkotaan? Yuk, nikmati rindangnya pepohonan di taman ini. Posisinya betul-betul strategis, ialah berada di tengah kota, di Darmo, Wonokromo.

Taman Bungkul hakekatnya ialah zona tamasya religi. Daerah ziarah ke makam Ki Ageng Supo atau Sunan Bungkul, salah satu ulama penyebar agama Islam. Namun, oleh pemerintah kota, lingkungan di sekitar kuburan dibenahi menjadi taman yang betul-betul cantik dengan fasilitas yang cukup komplet.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan tempat tamasya di Surabaya ini ialah tempat bermain buah hati-buah hati seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Tersedia pula gelanggang bermain skateboard, BMX, dan jalur jogging. Pada bagian tengah, terdapat amfiteater terbuka bergaris tengah sepanjang 33 meter. Pada akhir pekan, di amfiteater ini sering digelar acara musik maupun pertunjukan menarik. Sarana taman juga kian lengkap dengan adanya jaringan dunia online, keran air minum, dan penjaja beragam kuliner Surabaya yang tertata rapi.

2. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Tak perlu jauh-jauh ke Asia Timur untuk berfoto dengan latar belakang bambu yang memesona. Datang saja ke hutan yang berlokasi bagian timur Kota Surabaya, ialah di Jl. Raya Marina Asri, Keputih. Banyak pengunjung yang datang ke tempat tamasya di Surabaya ini untuk jalan-jalan, bersantai, pun untuk pemotretan pranikah. Di tempat tamasya yang satu ini, kamu dapat mendapatkan foto yang Instagramable secara hanya-hanya.

Setelah menelusuri Hutan Bambu, cobalah menuju Taman Harmoni yang berada di belakang Terminal Keputih. Suasananya tak keok rindang dan ada banyak bunga yang cantik. Daerah ini sangatlah sesuai untuk jogging dan olah raga pada pagi hari, apalagi ditambah dengan adanya zona refleksi kaki yang dapat menyehatkan tubuh.

Jangan ragu membawa buah hati ke tempat tamasya di Surabaya yang satu ini. Di sini, mereka tak akan merasa bosan. Karena, ada gelanggang buah hati-buah hati yang dilengkapi beragam permainan.

3. Kebun Bibit Wonorejo

Lahan yang berada di sentra kota bagian tenggara ini sering juga disebut sebagai Kebun Bibit 2. Meski, Kebun Bibit 1nya ialah Taman Flora, sebuah taman di tempat Bratang.

Cocok namanya, tempat ini ialah lokasi benih tanaman dikembangbiakkan sebelum ditanam di segala penjuru kota. Meski begitu, bukan hanya dipenuhi oleh tumbuhan, taman ini memiliki sarana rekreasi yang memadai. Umpamanya ada zona bermain buah hati, papan wall climbing buah hati, keran air minum, zona refleksi kaki, danau dengan dermaga kecil, rumah anggrek, rumah kompos, dan sentra tamasya kuliner.

Meski Surabaya panasnya menyengat, mengamati pemandangan di kebun ini dijamin membikin hati terasa sejuk. Ditambah dengan ketidakhadiran beberapa ekor satwa, seperti rusa dan bebek, menambah kesan natural pada alam sekitar tempat tamasya di Surabaya ini. Beruntungnya, segala ini dapat dinikmati publik secara gratis dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

4. Taman Prestasi

Daerah tamasya di Surabaya yang satu ini letaknya berada di Jl. Ketabang Minggu No.6, Ketabang, Genteng, ialah sentra kota agak ke utara. Namanya berasal dari banyaknya replika penghargaan yang terdapat pada taman ini. Asyiknya, selain tak ada biaya masuk, peralatan fasilitas pendorong di taman ini juga mesti diacungi jempol. Di zona ini tersedia jaringan dunia online nirkabel, balai pelatihan Broadband Learning Center (BLC), sentra kuliner, dan tempat bermain buah hati dengan 34 buah permainan yang betul-betul bervariasi.

Nah, aktivitas yang menjadi highlight di Taman Prestasi ialah tamasya menelusuri Sungai Kalimas dengan perahu motor. Harganya hanya Rp. 4.000 saja per orang dan gratis untuk buah hati di bawah 2 tahun. Waktunya? Sabtu mulai pukul 6 sore sampai 9 malam, dan mulai pukul 7 pagi sampai 12 siang, lalu dilanjutkan pukul 6 sore sampai 9 malam. Yuk, kita nikmati indahnya pemandangan kerlap-kerlip lampu malam Surabaya dari atas perahu.

5. Pantai Ria Kenjeran Park

Posisinya berada di Kota Surabaya wilayah timur laut. Sekitar 1 kilometer dari Pantai Kenjeran Lama. Tarif masuk ke wilayah pantai menawan ini merupakan seharga Rp. 15.000 per orang, walaupun parkirnya Rp. 10.000 untuk kendaraan beroda empat dan Rp. 8.000 untuk motor.

Dengan harga yang relatif murah hal yang demikian, di daerah tamasya di Surabaya ini kau bisa memperhatikan menawannya langit ketika sang surya terbit atau karam, berenang, bermain pasir di pantai, serta merasakan bangunan berarsitektur khas Tiongkok. Ada sebagian bangunan wihara yang mempunyai desain apik. Umpamanya, bangunan Tian Ti yang yakni replika Temple of Heaven di Tiongkok, replika Buddha Catur Muka di Thailand, Studio Agung yang mempunyai desain perpaduan Bali dan Tiongkok, serta patung Dewi Kwan Im dengan tinggi sekitar 20 meter yang disertai patung naga.

Dengan membayar sedikit tarif tambahan, kau bahkan bisa mencoba kegiatan lain. Contohnya bermain air di Kenjeran Waterpark dengan karcis Rp. 20.000 pada hari kerja atau Rp. 25.000 pada akhir minggu. Dapat juga mengunjungi ajang berkuda, kolam pemancingan, ajang go-kart, atau taman bermain.

Kalau datang berkunjung ke daerah tamasya di Surabaya yang satu ini, jangan lewatkan berfoto dekat Jembatan Suroboyo dengan latar belakang Kampung Bulak. Kawasan hal yang demikian diketahui dengan sebutan ‘Kampung Warna-Warni’. Pasalnya, rumah-rumah di sana dicat dengan warna jelas yang ceria! Baik sekali untuk lokasi foto!

6. Kebun Binatang Surabaya

Masih membahas daerah tamasya di Surabaya bertema alam, ini ia daerah tamasya di Surabaya yang telah sukses menjadi unggulan sepanjang masa. Posisinya berada di tengah kota, dekat dengan patung Sura dan Boyo, adalah Jalan Setail No.1, Darmo, Wonokromo. Harga karcis masuk Kebun Binatang Surabaya merupakan Rp. 15.000 pada hari kerja dan Rp. 20.000 pada akhir minggu dan libur nasional. Jam bukanya dari pukul 8 pagi hingga dengan pukul 5 petang.

Koleksi satwa di Kebun binatang Surabaya cukup komplit, pun daerah tamasya di Surabaya ini pernah menjadi kebun hewan terlengkap di Asia Tenggara dengan 351 tipe hewan. Sebab hal inilah, daerah tamasya ini merupakan daerah yang total untuk menambah wawasan diri dan mengenalkan buah hati seputar alam dan binatang.

Panorama asri dan tingkah laku para binatang yang menggemaskan akan membikin pikiran rileks dan lupa bahwa Anda sedang berada di tengah-tengah kota metropolitan. Semisal kemari, dianjurkan untuk datang pada pagi hari sebab kebun hewan ini cukup luas dan memerlukan kurang lebih 2 jam untuk mengitarinya.

7. Ekowisata Mangrove

Tahukah Anda apa itu mangrove? Mangrove merupakan hutan bakau yang umumnya ditanam di sekitar pantai untuk menghalangi derasnya air laut yang menuju daratan. Tujuannya merupakan untuk menghindari pengikisan dan musibah alam seperti semisal luapan air laut. Tetapi, terbukti Mangrove tak cuma berguna untuk menjaga daratan, melainkan juga mempunyai fungsi sebagai daerah wisata.

Umpamanya merupakan daerah tamasya yang terdapat di zona pantai timur kota Surabaya ini. Lokasinya di Jl. Raya Wonorejo, Rungkut. Daerah tamasya di Surabaya ini dibuka untuk lazim tiap akhir minggu, mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 petang. Banyak pengunjung datang untuk merasakan hijaunya tanaman bakau dengan metode berjalan kaki di jalanan papan kayu, atau dapat juga menelusuri zona hutan bakau di pantai dengan mengaplikasikan kapal. Cukup dengan membayar Rp. 25.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk si kecil-si kecil, Anda telah dapat menelusuri daerah tamasya di Surabaya ini dengan kapal.

8. Skate & BMX Park

Surga bagi kau yang menggemari skate board, sepatu roda, dan sepeda BMX. Di daerah tamasya di Surabaya ini ada gelanggang luncur mulai dari yang landai sampai yang curam. Banyak muda-mudi yang datang untuk berlatih dan memamerkan kesanggupan mereka. Atraksi mereka tidak jarang mengundang decak terkagum. Tak perlu seharusnya turut bermain, menonton saja telah dapat menjadi hiburan yang menyenangkan kok.

Oh ya, di daerah tamasya di Surabaya ini juga ada replika patung Sura dan Baya, maskot Surabaya yang tenar. Bedanya dengan yang orisinil, Sura si ikan hiunya menyemburkan air Sungai Kalimas. Jadi, tak keok keren dengan patung Merlion di Singapura! Coba juga datang kemari malam-malam, Anda dapat mengamati jembatan Delta dan suasana yang berias kerlip lampu yang mengagumkan.

9. De Mata Trick Eye Museum

Hobi swafoto dan menguploadnya ke media sosial? Nah, ini yakni daerah tamasya di Surabaya yang total untuk Anda. Museum 3 dimensi ini mempunyai ratusan koleksi gambar yang menghasilkan ilusi pada mata sehingga kelihatan hidup dan kongkrit. Kau bisa kelihatan seperti sedang berfoto dengan tokoh dunia tenar, sedang memanjat gedung pencakar langit, dan lain-lain. Mengasyikan sekali deh!

Lokasinya berada di Surabaya Town Square, Jl. Hayam Wuruk No. 6, Sawunggaling, Wonokromo, dekat dengan Kebun Hewan Surabaya. Daerah rekreasi ini buka tiap-tiap hari dari pukul 10 pagi sampai 10 malam dengan harga karcis masuk Rp. 50.000 per orang. Mungkin terkesan mahal, namun dijamin sebanding dengan kegembiraan yang kau temukan. Apalagi, De Mata Trick Eye Museum tak keok keren dengan museum serupa yang ada di luar negeri plus mempunyai kelebihan banyak mengandung faktor nusantara.

10. Surabaya Carnival Park

Saran daerah tamasya di Surabaya berikutnya yakni sebuah taman bermain bergaya modern yang ceria. Lokasinya berada di pinggiran selatan Kota Surabaya, adalah di Jl. Ahmad Yani No.333, Gayungan. Harga karcis masuknya Rp. 60.000 untuk hari kerja dan Rp. 80.000 untuk akhir minggu, padahal untuk Kids Playnya ada;ah seharga Rp. 50.000 pada hari kerja dan Rp. 60.000 pada akhir minggu. Jam buka daerah tamasya ini yakni hari Senin hingga Kamis pukul 5 petang hingga 11 malam, padahal Jumat hingga Pekan dari pukul 4 petang hingga 11 malam.

Wahana permainannya cukup bermacam, semisal Kocar-Kacir, kendaraan beroda empat-mobilan, roller coaster, perang laser, Gondal-Gandul, bianglala, dan lainnya. Kecuali dilengkapi dengan fasilitas yang bersih dan terawat, di daerah tamasya ini juga tak jarang ada parade aneka kostum yang unik. Daerah tamasya di Surabaya ini yakni daerah yang total untuk menghibur diri atau menghabiskan malam bersama orang terkasih.

11. Taman Remaja Surabaya dan Taman Hiburan Rakyat

Saran daerah liburan di Surabaya berikutnya yakni sebuah daerah hiburan murah meriah yang berada di Jl. Kusuma Bangsa No.116-118, Tambaksari yang yaitu sentra kota komponen utara, dekat Taman Makam Pahlawan dan Hi-Tech Mall. Taman bermain ini betul-betul luas dan mempunyai banyak jenis wahana permainan yang layak untuk si kecil-si kecil dan orang dewasa. Mulai dari kereta api mini, roller coaster, komidi putar, rumah hantu, boom boom car, dan lain sebagainya. Kecuali itu, daerah tamasya ini juga dilengkapi pula dengan pentas hiburan dan bermacam alternatif masakan khas Surabaya.

Harga karcis masuknya yakni Rp. 15.000 dan per wahana berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 25.000, padahal harga paket 5 wahana yakni Rp. 30.000. Kecuali itu, ada juga karcis terusan yang telah termasuk karcis masuk dan main wahana sepuasnya seharga Rp. 50.000. Waktu operasionalnya yakni pada hari Senin dan Selasa mulai pukul separuh 4 petang hingga dengan pukul 10 malam, Rabu hingga Jumat mulai pukul 3 petang hingga dengan pukul 10 malam, Sabtu pukul 3 petang hingga separuh 11 malam, dan Pekan dari jam 9 pagi hingga separuh 11 malam. Jangan hingga salah waktu ya.

12. Ciputra Waterpark

Yuk sebentar kita lupakan panasnya Kota Surabaya dengan bermain air di taman liburan air yang berlokasi di Sambikerep, Made, pinggiran barat Kota Surabaya ini. Cipratan dan guyuran air dijamin akan membikin badan dan pikiran Anda kembali segar. Ditambah lagi, daerah liburan di Surabaya yang satu ini memiliki wahana permainan yang seperti itu menarik.

Coba saja jelajahi kolam bermenara menawan bak istana dalam dongeng yang dikaitkan oleh jembatan goyang. Pacu adrenalin dengan menaiki seluncuran basah Roc Tower setinggi 15 meter yang panjang dan berliku-liku. Rasakan dahsyatnya siraman air dari sebuah tong raksasa, berkapasitas 3000 liter air. Ajak juga si kecil bermain di Marina Lagoon, kolam renang buah hati-buah hati yang dangkal dan dilengkapi dengan beraneka permainan. Jika ada waktu, nikmati juga permainan lain yang ada.

Nah, Ciputra Waterpark buka dari hari Selasa hingga Jumat dari pukul 1 siang hingga 7 malam dengan harga karcis masuk Rp.110.000, meski pada hari Sabtu dan Pekan daerah liburan ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 7 malam dengan harga karcis masuk Rp. 130.000. Harganya memang lebih tinggi dari kolam renang umum, namun sebanding dengan pengalaman yang membikin Anda mau datang lagi dan lagi.

13. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Surabaya dijuluki dengan sebutan Kota Pahlawan sebab banyaknya momen penting pengukir sejarah yang terjadi di kota ini. Maka, selagi di Surabaya, bagaimana seandainya meluangkan diri berlibur ke masa lalu? Salah satu caranya ialah dengan mengunjungi daerah yang berlokasi di tempat Genteng ini.

Monumen ini memang kapal selam sungguhan bernama KRI Pasopati 410 yang dahulu ikut serta diterapkan dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda, namun dikala ini telah dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Di dalamnya, kita bisa mengamati komponen dalam kapal yang berupa bilik-bilik kecil. Ada juga ruang audio visual yang menayangkan film dokumentasi seputar sejarah kapal ini.

Monkasel buka dari jam 8 pagi hingga 8 malam pada hari Senin hingga Jumat, dan dari jam 8 pagi hingga 9 malam pada akhir minggu. Harga karcis masuknya tak mahal, cuma Rp. 10.000 saja. Ya, liburan ekonomis namun bisa membikin diri menyadari dan lebih menghargai pengorbanan pahlawan kita.

14. Museum Surabaya

Daerah ini baru disahkan pada tanggal 3 Mei 2015, namun cukup menarik ketertarikan masyarakat untuk mendatanginya. Lokasinya berada di tengah kota, yakni di Gedung Siola, Jl. Tunjungan, Genteng. Museum Surabaya berada di lantai 1 bangunan hal yang demikian, sisanya ditempati oleh sebagian kantor layanan masyarakat dan pusat UKM.

Dikala mengunjungi daerah ini, kita dapat mengamati perkembangan kota Surabaya, serta barang-barang bernilai sejarah peninggalan masyarakat dan pemerintah kota semenjak wali kota pertama sampai kini. Seumpama, meriam sewaktu perang, replika biola milik W. R. Supratman, meja dan tempat duduk sekolah tahun 1950an, buku administrasi kependudukan jaman dulu, ketel uap abad 18, dan lain-lain. Nah, koleksi hal yang demikian bisa dirasakan tiap hari antara pukul 9 pagi hingga 9 malam secara hanya-hanya. Asyik, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *