mengapa namanya pantai goa cina

SEJARAHUNIK.NET apa kalian pernah mengunjungi atau mendengar tentang pantai goa cina yang terletak di malang. tepatnya  Pantai Goa China merupakan sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa TimurPantai goa cina ini salah satu daya tarik wisata yang ada ada di malang, memang banyak pantai dan tempat lain yang sama indah nya. Tapi kali ini kita bahas fokus ke pantai goa cina. Mungkin anda pernah bertanya kenapa di pantai ini di sebut GOA CINA, padahal kita berada di indonesia bukan di cina. Begini cerita singkat nya

goa cina

Dahulunya ada seorang petapa muda dari cina yang bernama hing hook terdampar di tepi pantai ini, setelah terdampar ia melakukan semedi  dan beristirarahat di tepi pantai tersebut. Lalu petapa itu menemukan tempat semedi yang tepat untuk dia gunakan yaitu goa yang lumayan besar yang cocok untuk bertapa. Setelah beberapa waktu yang tidak ditentukan akhirnya dia meninggal dunia di goa tersebut. Warga disekitar menemukan jasad di goa tersebut, dari penemuan mayat dan tulisan mandarin yang ada di dalam gua akhirnya warga menamakan pantai goa cina.

Objek wisata ini masih sangat alami. Warna air laut yang jernih dan bersih, dibalut oleh pasir putih yang lembut membuat pantai ini sangat menakjubkan. Pohon-pohon seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Selain membuat suasana asri, pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung. Keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai Gua China membuat pandangan mata lebih indah. Uniknya pantai goa cina menghadap langsung ke samudera hindia dengan begitu memiliki keindahan ombak yang besar dan liar khas pantai. Terlepas dari mitos dan sisi misteriusnya, pantai yang indah ini juga menyajikan fenomena alam yang langka yaitu mempunyai gelombang yang dihembuskan dari tiga arah: arah selatan, arah timur, dan arah barat. Adanya elombang 3 arah tersebut ombak yang sangat liar bermunculan dan suara gemuruh yang dihasilkan ombak dan angin juga lebih kencang.

Keberadaan gua ini terletak di sisi kanan pantai sekitar 50 meter dan berada di bukit karang. Gua tersebut berupa rongga yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian kira-kira 2 meter. Siapa pun bisa masuk dengan mudah. Ruangan di dalamnya juga cukup lebar, bisa untuk berjalan beriringan dua orang. Lebarnya kira-kira 2 meter-an. Tidak terlihat batu-batu stalaktit maupun stalakmit di dalam gua ini. Goa ini juga memiliki kekuatan magis yang lumayan kuat tapi Kalian percaya atau tidak itu tergantung masing-masing individu. Yang terpenting adalah kalian harus berhati-hati jika dalam kawasan wisata agar keselamatan tetap terjaga. Di area pantai ini juga sudah mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap jadi bagi kalian yang ingin berlibur disini jangan khawatir yah.

Sekian dulu dari kami sejarahunik.net kami mohon maaf jika ada kesalahan penulisan. Semoga bermaanfaat yah kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *