Mengenal Sejarah Pantai Losari

Sobat sejarahunik.net kalian pernah pergi ke pantai losari apa tidak ?. pantai losari merupakan salah satu dari ikon kota makasar. Pantai losari terletak di kawasan pesisir kota makasar, untuk menuju ke pantai losari dari tengah kota makasar hanya sekitar 3 kilometer. Jangan khawatir pula banyak transportasi untuk menuju pantai losari seperti taksi, angkotan umum, dan kendaraan yang lain.

pantai-losari-makassar

Pantai losari memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Mari kita simak bagaimana asal mula pantai losari ini. Pantai ini awalnya disebut masyarakat sebagai pasar ikan, dimana orang pribumi banyak yang jualan ikan. Di tempat inilah masyarakat memanfaatkan sebagai pasar ikan, jika sudah sore hari akan ada pedagang jualan kacang, pisang epe, makanan ringan dan makanan seafood khas makassar. Dulu nya pantai ini diberi sebutan meja terpanjang di dunia, karena sepanjang pantai tersebut banyak warung berjejer dengan tenda bahkan warung yang berjejer ini panjangnya mencapai sekitar 1 kilometer. Namun saat ini warung-warung tersebut di relokasi ke tempat yang tidak jauh dari pantai, agar wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dan bisa menikmati matahari tenggelam di pantai losari.

Apa ada sejarah di balik pantai losari ini ? ini beberapa tahap pembangunan pantai losari. Infrastruktur utamanya telah dibangun merupakan sebuah jalan besar yang di beri nama jalan Penghibur. Disisi yang sebelumnya adalah pembendung air berupa turap beton memanjang kini diperluas menjorok kedalam pantai. Terdapat Promenade luas berlatar pulau dan laut selat Makassar dan dibawahnya merupakan outlet buangan limbah kota. Pada tahun 1945 bangunan tambahan pertama kali dibuat Desain lantai dasar beton sepanjang 910 meter digagas oleh Pemerintah Wali Kota Makassar, DM van Switten (1945-1946)saat itu pemerintahan di pegang oleh belanda  Dimasa NICA , pemasangan lantai ditujukan untuk melindungi beberapa objek dan sarana strategis warga di Jalan Penghibur dari derasnya ombak selat Makassar. Pemasangan ini bertujuan untuk menambah sarana, keamanan, dan dari pengikisan pantai. Lalu dari nama apa pemerintahan NICA mengambil kata LOSARI untuk nama pantai tersebut??. Menurut beberapa sumber, kata losari ini dibagi menjadi dua kata yaitu LOS dan ARI. Kata LOS ini mempunyai makna ambigu yang berarti tempat jual-beli, pertokoan, atau pasar yang menjual berbagai produk . kata LOS dalam konteks jawa juga berarti terlepas atau bebas, jadi intinya tempat jual beli yang bebas di pantai ini. Sedangkan kata ARI, yang berarti pembungkus atau penyuplai karena diambil dari kata ari-ari. Dari sinilah pantai dinamakan dengan pantai losari. Pantai ini sudah terkenal dan mungkin anda melihat nya di televisi, karena di pantai ini sering di buat lokasi suting, acara, bahkan konser musik.

Mungkin sampai disini dulu cerita asal mula nama pantai losari ini, sekian dari kami sejarahunik.net  mohon maaf atas salah kata. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *