wisata museum house of sampoerna

sobat sejarahunik.net kita ketemu kembali setelah lama tak berjumpa dengan update artikel baru. Kali ini kita akan membahas museum yang ada di kota surabaya, memang banyak museum yang berada di kota pahlawan ini Cuman sekarang yang kita bahas yaitu museum house of sampoerna (HOS). Bagi kalian yang bertempat tinggal di daerah surabaya dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan museum ini, mari kita simak museum ini.

House of Sampoerna merupakan sebuah museum rokok yang berdiri megah di Kota Surabaya. nama Sampoerna sendiri tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga, yaitu nama dari sebuah produk rokok yang sudah melegenda di Indonesia yang masih ada hingga saat ini, dan gedung House of Sampoerna (HOS) dulu kala digunakan sebagai tempat untuk memproduksi salah satu rokok kretek ternama di Indonesia. Jika memperhatikan gedung House of Sampoerna pada bagian depannya terdapat empat pilar yang berdiri kokoh, dengan menggambarkan salah satu produk Sampoerna yang melegenda itu, yakni merk rokok kretek yang memiliki simbol 234 (Dji Sam Soe). Jadi gedung yang kini menjadi sebuah museum megah tersebut dijadikan tempat khusus untuk mengenang rokok jenis kretek tersebut, karena memang di gedung inilah cikal bakal Dji Sam Soe terlahir.

House Of Sampoerna ini didirikan pada 1964 dan dulunya bernama Jonges Weezen Inrichting atau Panti Asuhan Yatim Piatu untuk anak laki-laki. Pada tahun 1912, panti asuhan itu pindah ke Jalan Embong Malang-Surabaya. Liem Seeng Tee pada 1932 membeli bangunan ini dan menggunakannya sebagai pabrik untuk memproduksi rokok Sampoerna. Sejak saat itu tempat ini dikenal sebagai Pabrik Taman Sampoerna. Bangunan ini berada di lahan seluas 1,5 hektar dengan terdapat bangunan-bangunan besar di tengah dan diapit 2 bangunan kecil di kiri dan kanannya.

House of Sampoerna mulai difungsikan sebagai museum sejak 9 Oktober 2003, kompleks utama telah susah payah renovasi dan sekarang terbuka untuk umum.. Di auditorium sentral dalam bangunan ini telah menjadi museum dan di bagian timurnya telah diubah menjadi ruangan untuk kafe, kios merchandise dan galeri seni. Sedangkan, bangunan di sisi barat tetap menjadi rumah tinggal keluarga pendirinya.

Moseum ini menawarkan sebuah pengalaman unik, mulai dari cerita tentang keluarga pendiri Sampoerna sampai melihat dari dekat fasilitas produksi rokok linting tangan dan berakhir dengan pengalaman tak terlupakan melinting rokok kretek dengan menggunakan alat tradisional. Secara keseluruhan Museum House of Sampoerna ini memang sangat recomended untuk dikunjungi. Selain memiliki koleksi yang menarik, tata ruang, hingga display museum pun dibuat cukup baik. Bagi Anda yang sedang berkunjung di Kota Surabaya, tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Museum House of Sampoerna ini.

Itulah kutipan kami tentang museum house of sampoerna. Bagi anda yang datang ke surabaya jangan sampai terlewatkan yah mengunjungi museum ini karena selain berwisata anda juga bisa menambah ilmu di museum. Sekian dari kami sejarahunik .net semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *